Tips Atau Cara Dalam Pengeraman Kenari Betina


Cara Pengeraman Kenari. Dalam Proses pengeraman tentunya sobat bertanya untuk kenari jantan sebaiknya diapakan sesudahnya? nah untuk kenari jantan sebaiknya dibiarkan bersama betina Karena kenari jantan akan selalu meloloh dan ini berguna agar si kenari betina tetap dalam sarangnya dan tentunya hal ini sangat baik dalam sebuah proses pengeraman yang baik.

Dan jika anda para kenari mania mempunyai beberapa kenari betina untuk dijodohkan,ada baiknya kenari jantan dipisahkan dan baiknya memisahkan kedua betina ini ketika kenari betina sudah bertelur 2 butir. Ini bertujuan agar si kenari betina tidak ngambek (cemburu he..he).

 

TIPS DALAM PERAWATAN KENARI SAAT MENGERAM

  • Pakan kenari berupa biji-bijian,air minum harus selalu tersedia
  • Kebersihan sangkar harus selalu terjaga, dan untuk pembersihan sangkar dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi goyangan yang mengakibatkan rusaknya telur
  • Berikan pakanan berupa buah apel dan sawi, pemberiannya harus selang seling, ini wajib diperhatikan. Banyak kasus kenari betina yang mati kurus dikarenakan disaat mengeram hanya diberi pakan berupa biji-bijian.
  • Tambahkan makanan telur puyuh rebus, pemberian bisa dilakukan dua  kali dalam seminggu.
  • Harap kenari jangan tidak dijemur lagi. 

 

PROSES DALAM MENETAS SERTA PANEN ANAKAN KENARI

Dihari Ke 14 saatnya kenari mulai menetas dan saat itu anda mungkin ada rasa bangga dan bersyukur melihat anakan kenari yang menetas dan terharu atas hasil usaha anda ini. Disini saya juga akan memberikan tips pemberian pakan induk kenari yang sedang meloloh anakan yang baru menetas sampai anakan siap menetas. Berikut tipsnya

Disaat anakan kenaru baru menetas harus dipastikan air serta biji-bijaian selalu tersedia, juga tambahan telur puyuh ini berlangsung sampai anakan kenari berumur 1 minggu
Sebelum anakan kenari belum genap 1 minggu sebaiknya jangan diberi pakan berupa buah atau sayuran namun cup biji-bijian ataupun telur rebus saja. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko kematian dini pada anakan kenari Karena di frase ini anakan kenari system pencernaannya belum kuat.

Nah jika anakan kenari sudah lewat dari seminggu silahkan anda bisa tambahkan buah apel dan sayuran seperti sawi putih dan sawi ijo. Untuk hasil terbaik yaitu dengan memberikan telur puyuh serta buah apel.

Boleh anda tambahkan pula multivitamin yang sudah beredar dipasaran saya sarankan memakai multivitamin yang berkualitas seperti Bnr,OmKicau dan Ebod.

Untuk idealnya anakan kenari yang siap dipanen berumur 25 hari di tahap ini anakan kenari sudah bisa makan sendiri dan biasanya masih memakan telur puyuh saja. Jika anakan kenari berumur 1 bulan biasanya anakan kenari bisa makan biji-bijian.

Setelah anda memanen anakan kenari, jangan lupa anakan kenari dipisah dari induknya dan juga ambillah kenari jantan tempatkan kembali disangkar gantung. Selanjutnya mandikan kedua induk kenari (kenari jantan dan betina) dan pakailah obat kutu agar kutu yang menempel pada bulu kenari bisa hilang dan mati. Lalu jemur keduanya sebaiknya dijemur pada pagi hari antara jam 07.00-09.30 dalam sangkar terpisah kurang lebih satu minggu itu rutin dilakukan. Hal lain adalah sangkarpun harus dicuci bersih dengan sabun antiseptic dan dijemur sampai kering.

Setelah satu mingguan induk kenari siap dikawinkan lagi dan untuk mengawinkannyapun sekarang lebih mudah karena kedua kenari sudah berjodoh dan sudah membuahkan keturunan, jadi cara mengawinkannya tinggal memasukkan kenari jantan ke sangkar kenari betina dan tak lama kenari betina akan menundukkan badannya dan terjadilah proses perkawinan. Tidak sampai satu bulan, para kenari mania pun akan melihat keturunan mereka yang kedua mudahkan.

Demikianlah tadi Ternak Kenari dalam hal Cara pengeraman Kenari Betina semoga bisa menambah wawasan anda tentang budidaya kenari yang sebenarnya cukup mudah dan tidak sulit untuk dilakukan khususnya bagi anda pemula.

2 komentar

om saya kan mnjodoh kan kenari stiap pagi cukup 2x kawin saja trus aku lepas trus saya perkirakan pling lmbat 2 hri akan nelur om jadi kurang 1 hri aku gk ngawin kan brung trus ketika pagi kok tau" nya telur udah adah di bawa datar sangkar om apakah saya harus mngawinkan lagi atau gmna

Sy termsk pemain baru dijajaran kenari mania slm hormat...msl yg dihadapi proses perjodohan dan kawin sdh, tp yg jd msl nelor kok di wadah pakan dan tak mau mengerami bagaimana ni solusinya. Trims sukses sll


EmoticonEmoticon