Tips Dalam Menjodohkan Burung Kenari


Cara Menjodohkan Kenari. Dalam beternak burung kenari, tentunya tidak lepas dari proses perjodohan yaitu sebuah proses mengenalkan kenari jantan dengan betina  dimana kenari jantan dan betina ditempatkan dalam satu sangkar box khusus untuk ternak kenari dan sebelum dijodohkan pisahkan kedua kenari untuk sangkar khusus untuk kenari betina dan untuk yang jantan memakai sangkar gantung.

Tips Dalam Menjodohkan Burung Kenari

BERIKUT TIPS MENJODOHKAN BURUNG KENARI:

  • Langkah pertama mendekatkan kedua sangkar kenari yaitu sangkar gantung(untuk kenari jantan) dan sangkar box (untuk kenari betina) dan idealnya proses perjodohan selama 3 hari.
  • Selama proses penjodohan itu terjadi, sebaiknya kedua kenari tersebut dijemur berdekatan antara jam 07.00 sampai 09.30  
  •  Hendaknya kenari diberikan makanan yang bergizi seperti sayuran, apel teor puyuh serta pemberian multivitamin khusus untuk kenari dan dalam hal pemberian makanan, hendaknya diberikan secara selang seling agar kenari tidak bosan 
  • Pastikan burng kenari tidak gemuk karena akan menghambat proses perjodohan cara mengetahui kenari tersebut gemuk ialah anda bisa lihat dibagian leher serta perut, tanda burng kenari gemuk ialah akan terlihat gumpalan lemak berwarna kuning. Bila terlanjur kegemukan sebaiknya untuk pakannya ditakar dengan menambahkan mentimun dan kenari harus dijemur setiap hari.

CARA MENGETAHUI KENARI BERJODOH.

  • Burung Kenari jantan akan meloloh ke burung kenari betina walaupun dari luar sangkar.
  • Burung Kenari jantan akan berbunyi keras ciri kenari jantan merayu kenari betina, lalu kenari betinapun akan  mengeleperkan sayapnya,dan ada kalanya kenari betina akan menungging itu menandakan kenari betina ingin kawin.
  • Kedua Kenari terlihat akur dan tidak berantem.

Proses  Menyatukan Kenari Jantan dan Untuk di Kawinkan

Bila kenari berjodoh seperti ciri2nya diatas, proses selanjutnya adalah menyatukan kenari jantan dan betina dalam satu sangkar box khusus yaitu sangkar box milik betina dengan cara menangkap kenari jantan yang ada disangkar gantung lalu masukkan ke sangkar box betina

Dan dalam proses menyatukan sebaikanya dilakukan pada sore hari disini anda bisa perhatikan perilaku kedua kenari tersebut seperti sudah dipaparkan diatas jika kenari berjodoh maka kenari jantan dan betina dakan saling melolohkan dan jika kedua kenari sedang birahi maka kenari tersebut akan melakukan proses perkawinan. Namun jika tidak suatu proses perkawinan, anda jangan khawatir karena pada umumnya biasa terjadi begitu apalagi kalau kenari betina masih perawan ting ting he…he…

Jika kenari tidak ada proses kawin juga,  maka sebaiknya dibiarkan dulu dalam satu sangkar sampai malam hari dan biasanya disaat pagi hari setelah mereka bangun dari tidurnya dan biasanya kedua kenari tersebut akan melakukan proses perkawinan. Pada sekitar jam 07.00 pagi kenari jantan dimasukkan kembali kesangkar gantungnya dan pada sore hari kenari jantan dimasukkan kembali ke sangkar betina begitu seterusnya dan proses ini berlangsung hingga beberapa hari sampai kenari betina bertelur.Ini adalah cara terbaik khusus untuk kenari betina yang belum sama sekali bertelur beda lagi proses perkawinannya jika kenari betina sudah berproduksi yaitu dengan cara menyatukan kedua kenari dan proses perkawinannya hanya butuh waktu paling lama 1 jam saja setelah itu siapkanlah sarang lengkap dengan serat nanas.

Ciri-Ciri Kenari Betina Akan Bertelur

Jika kenari betina akan bertelur, anda bisa lihat perilaku kenari betina yang siap bertelur tersebut akan merapikan sarangnya dibuat berbentuk bundar dan jika sudah begitu, kira-kira 1 mingguan kenari betina akan mulai bertelur. Jumlah dari telur yang dihasilkan kenari betina tersebut rata-rata antara 3 sampai 4 butir dan telur akan dierami selama 14 hari dan selang 1 hari telur akan menetas dan perlu diingat kenari betina yang sudah bertelur tidak dianjurkan dijemur karena hal ini akan merusak telur kenari dan menyebabkan gagal menetas.

Baca Juga Selanjutnya Tips Atau Cara Dalam Pengeraman Kenari Betina

Demikianlah tadi  Tips Dalam Menjodohkan Burung Kenari semoga anda berhasil menjodohkan kenari dan Ternak Kenari anda sukses menghasilkan kenari-kenari yang sehat dan banyak.



EmoticonEmoticon